Senin, 09 Agustus 2010


LAMBANG BUQ DAN ARTI FILOSOFINYA



A. BENTUK

Lambang BUQ berbentuk KELOPAK BUNGA, mengandung pengertian bahawa BUQ adalah wahana untuk mencetak kader generasi penerus yang handal dalam upaya melestarikan syariat Islam yang diwariskan para Ulama pendahulu

B. WARNA

Lambang BUQ berwarna dasar HIJAU menunjukkan warna kesuburan, kedamaian dan kesejukkan. Dengan demikian, diharapkan keluarga besar BUQ akan selalu berada dalam kondisi seperti itu sehingga dapat menunjang keberhasilan di segala bidang.

C. ISI

1. Latar belakang KA”BAH melambangkan sikap & sifat universal, terbuka dan tidak memihak. BUQ adalah lembaga pendidikan yang bebas dari segala macam pengaruh dan kepentingan serta semata-mata hanya mencari ridho Allah SWT.

2. Tulisan kaligrafi arab BUSTANU ‘USYSYAQIL QUR’AN merupakan nama pondok pesantren yang bermakna “ TAman Para Perindu Al Qur’an “. Dalam nama tersebut terkandung maksud dan harapan agar pondok ini menjadi tempat yang tenang, nyaman dan damai bagai sebuah taman bagi mereka yang rindu belajar Al Qur’an. Sedangkan bentuk kapal layar ( Thugro’ ) dari kaligrafi tersebut melambangkan gerakan yang dinamis, terarah dan penuh percaya diri tanpa kehilangan kemudi untuk mencapai pantai kebahagian duniawi maupun ukhrowi.

3. bulan berwarna kuning keemasan bertuliskan betengan demak mengandung maksud dan harapan agar dari sini memancar Nur Ilahi ke segala penjuru membawa cahaya terang kepelosok negeri.

4. mushaf terbuka merupakan identitas buq sebagai tempat dan lembaga pendidikan yang mengkhususkan diri dalam bidang Al Qur’an

5. ombak empat lapis menunjukkan bahwa BUQ berhaluan Ahlusunah Wajama’ah ‘Ala Madzhabil ‘Arba’ah. Jumlah gelombang 7.5x4 lapis = 30 sesuai dengan jumlah juz dalam Al Qur’an .

6. tujuh bintang berwarna kuning keemasan adalah lambing dari imam Qiro’ah tujuh ( Qiroah Assab’i) yang di ajarkan pada santri pasca tahfidz. Sedangkan bintang besar yang terletak di tengah merupakan lambang dari Imam Qiro’at ‘Ashim yang menjadi Qiroah utama yang di ajarkan.

7. dua buah bulu kanan kiri melambangkan dua aspek kebutuhan hidup manusia, yaitu lahir dan bathin, dunia dan akhirat. Kesemuanya dapat diperoleh dengan belajar disini.

8. Tulisan BUQ saling kait adalah lambing persatuan dan kesatuan serta kebersamaan dan kekompakan yang merupakan syarat mutlak keberhasilan Program.

9. Tulisan latin kanan kiri pondok pesantren betengan demak menunjukkan bahwa segala aktifitas BUQ bernuansa pesantren (salaf) dan dipusatkan di Betengan Demak yang sekaligus menjadi nama lain dari pondok BUQ walaupun tidak secara tepat terletak di jalan Betengan.








Demak, Februari 1974 M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar